Ke Barat Membawa Kitab Suci - Laporan PKL

10:24

Baru aja jumat kemarin gua pergi bareng dua temen buat ngurusin kitab suci ke barat. Ya mirip kitab suci gitu alias laporan magang gue sama temen - temen setelah magang di ujung kulon sana. Magang di daerah industri Bojonegara, tepatnya di perusahaan industri yang ngeproduksiin listrik, PLTGU Cilegon. Gue sama temen - temen, kita bertujuh, tiga bulan magang di sana. Kita dapat tempat hidup baru, dapat ilmu baru, dapat pengalaman baru, dapt juga kenalan baru, dan beruntungnya gue sama temen - temen dapat keluarga baru di sana.
Kitab suci yang gue bawa kemarin itu ngga sedikit. Total semua berjumlah ada 17 eksemplar laporan magang alias PKL yang udah dijilid hardcover gitu. Ada tiga anak yang dirangkap tiga dan sisanya cuma dirangkap dua. Dan jumlah segitu bukan jumlah yang sedikit buat kita bawa jauh - jauh. Kebetulan temen gue, yang kebetulan dalam perjalanan ke barat itu jadi sopir, punya tas ransel gede, carrier gitu, jadi semua laporan kitab - kitab tadi gue masukin aja tuh dalem tas. Done, kitab sudah aman, karena tasnya juga difasilitasi sama jas pelindung anti hujan. Gue lupa foto itu tas sama isi - isinya.
Perjalanan ke barat ngga seketika langsung meluncur begitu aja. Gue sama temen yang jadi sopir harus ke Jogja dulu pas hari Kamisnya. Karena apa? Karena kita udah janjian sama mentor pas gue sama temen - temen magang di PLTGU itu ketemuan di Jogja. Karena apa lagi. kok harus ke Jogja? Karena pas gue ngabarin mentor gue, namanya Mulyadi, biasanya dipanggil pak Mul, mentor gue itu jawab kalo dia lagi ada acara di Jogja. So, kalo gue mau ke barat, ke cilegon buat minta coretan tanda tangan beliau bakalan sia - sia, dan cuma ngehabisin waktu, duit, sama tenaga gue. Jadi tuh akhirnya ketemuan di Jogja, minta tanda tangan, trus besoknya meluncur ke cilegon buat minta pengesahan dari Manajer PLTGU cilegon sekalian sama cap - capnya.
Gue jalan kamis pagi bareng temen gue yang saat itu berprofesi jadi sopir gue. Karena dia yang punya itu mobil dan gue ngga bisa nyetir. Tapi sumpah, gue punya niat gede biar bisa nyetir, cuma waktunya aja belum. Perjalanan ke Jogja itu udah diperkirain biar kita berdua sampai sana pas jam - jam istirahat siang, ba'da dhuhur lah. Dan pas, sesuai rencana, gue sama temen gue sampai jogja jam dua belasan. Gue coba telepon mentor, dan katanya bentar lagi dia bakalan istirahat. Pas banget timing kita buat kesana. Sambil nunggu gue sama temen gue sempetin dulu solat dhuhur di mushola pom bensin sekalian isi bensin yang  udah mepet. Habis itu meluncur arah malioboro, karena kata mentor gue beliau acaranya di deket sana, sebelahnya hotel Grand Zuri.
Cuss, kita meluncur langsung ke lokasi. Gak pake ngebut lagi karena udah deket. Nyetirnya sekarang pake mode safety riding. Pas baru setengah jalan hp gue kelap - kelip, maklum hp gue jadul plus error jadi kalo ada yang telepon ngga bakal ada nada deringnya cuma bercahaya aja layarnya. Mentor gue telepon, nanya gue udah sampe mana, kayaknya dia udah ngga sabar pengen ketemu kita. Ngga lama, gue liat tuh sosok mentor gue lagi nongkrong di bawah pohon yang ditanem di pot gede sekitaran trotoar jalan. Pantes banget dia kayak ngga sabaran pengen cepet - cepet ngelarin urusannya. Ketemu, ngobrol dikit, sodorin tuh punya kitab, dapet tanda tangan langsung aja deh kita cabut balik ke tempat asal buat nyiapin tenaga untuk perjalan jauh menuju ke barat.

Gue rencananya mau berangkat jumat pagi dari Semarang untuk perjalanan ke cilegon. Tapi akhirnya harus di delay siang sehabis solat jumat. Karena apa? Karena gue sama kawanan temen - temen gue musti ngisi absensi kampus dulu buat hari jumat. Dan lagi gue belum mintain uang saku sebagai ongkos perjalanan dari temen - temen yang nitip kitab - kitab punya mereka buat di tandatanganin ke cilegon. Maklum lagi, gue masih kere, anak kost pula, hidup masih nebeng - nebeng disini. Absen kelar, urusan duit buat bensin udah terkumpul semua, abis jumatan kita langsung capcus. Sopirnya masih temen gue yang bareng ke Jogja, Adi, biasanya dipanggil Tjack.
Dengan sedikit dan segala kemoloran - kemoloran yang terjadi tepat jam dua kita udah dalam perjalanan buat keluar dari kota semarang. Perjalanan keluar semarang masih aja rame jam - jam segitu. Untungnya gue punya sopir yang handal banget, jadi semuanya bisa teratasi. Setelah semarang terlewati kita harus menghadapi kerasnya jalanan pantura yang ngga mau tahu siapa yang berkendara masuk kawasan mereka. Masuk pantura udah pasti ibarat dianggap kalian udah dewasa buat masuk kawasan dengan plafon bercap 18+, alias kalian udah pasti siap untuk berkendara di jalanan pantura.
Dalam perjalanan kita mulai bingung. Karena apa? Karena rencana kita mau minta tanda tangan hari senin pagi. Jadi masih ada banyak waktu tersisa selama sabtu-minggu buat kita untuk ngehabisin waktu. Intinya kita harus udah ada di cilegon hari minggunya. Dan itu terserah kita mau ngelayab kemana, dan itu malah ngebuat kita jadi bingung. Kebetulan kita hanya bertiga pas ke barat, ditemenin sama temen satu kelas gue juga, Ius namanya. Jadi ribut banget tuh di jalan buat nentuin destinasi yang mau diluangin buat ngelewatin hari. Bingung, pusing, akhirnya kita mutusin buat main ke Bandung. Yaa, Bandung kita mluncur ke sana.
Sampe di cirebon kita ngambil jalan arah ke bandung. Kita masuk tol yang arah bandung. Ngga ada satu pun dari kita yang punya pengalaman buat ke bandung naik mobil sendiri. Jadi, jalan aja. Musti bener - bener perhatiin tiap kali ngelewati jalan yang ada tiang dengan plang warna ijo yang nunjukin arah destinasinya. Semua terlalui, dan udah masuk tuh di jalan yang tinggal elo pantengin aja tuh punya jalan dan lo bakalan sampe ke bandung. Udah sedikit lega, kita mampir makan dulu di warung lamongan pinggir jalan. Mantap perut kenyang, lanjut lagi perjalanan.
Here we are Bandung. Sampai juga di bandung. Jadi bingung lagi udah sampe sana mau ngapain dan mau kemana. Jam 1 dini hari sabtu, kita akhirnya berenti di depan area Trans Studi bandung. Sambil ngelempengin badan sekalian aja kita foto - foto di sana. Setelah puas buat foto - foto, kita ngelanjutin cari tempat yang kira - kira enak buat istirahat mata gue. Akhirnya kita parkir tuh mobil de depan sebuah Alfamart di pinggiran jalan arah Trans Studio, sekalian buat beli minum. Sopir biarin tidur, karena besok perjalanan masih panjang.


Tuh bro, belakang foto gue keliatan Trans Studionya. Yaa tapi gue cuma bisa foto di depannya aja. Ngga ada duit buat masuk ke sana. Paginya karena kita bingung mau kemana. Akhirnya diputuskan kita hanya mengunjungi beberapa tempat yang masih deket sekiran daerah itu. dan diputuskan kita bakalan mau ke jalan Dago, pengen liat aja. Habis itu langsung ke tempat berikutnya ke Gedung Sate. Kita sempetin foto - foto lagi di depan Gedung Sate, habis itu udah, kita melanjutkan tujuan utama kita untuk pergi ke cilegon.
Perjalanan ke cilegon kita dapat masalah lagi pas masuk jalan tol. Karena biasanya dulu pas magang cuma naik bis dan kita ngga mantengin tuh sopir masuknya tol mana aja. Yaudah, kita putusin cari bis - bis aja yang ngarah tujuannya ke Merak, itu pasti bakalan bener. Kita jalan aja, masuk tol, panteng terus gas pol, masuk tol lagi, dan keliatan juga plang ijo penunjuk jalan yang ngarahin ke cilegon. Perjalanan semakin aman dan membuatnya semakin jelas arah tujuannya. Setelah beberapa kali masuk tol, ambil kartu masuk tol bayar di keluaran tol akhirnya sampai juga kita di cilegon.
Destinasi selanjutnya diarahkan ke bengkel mobil. Oli si mobil diganti dulu biar adem. Kasian tuh mobil udah menemani kita muter - muter tanpa henti. Mobil udah oke, giliran perut kita yang harus dilayanin. Kita mampir di warung soto tempat dulu kita pernah makan pas magang di cilegon. Soto surabaya, soto ayam jadi pengganjal perut kita disana. Kemudian dilanjutkan menuju masjid deket daerah situ buat kita solat dhuhur sama sekalin buat kita tidur sebentar sambil nunggu salah satu pegawai PLTGU yang mau kita repotin buat ikut nginep di kontrakannya.
Sampe sore juga, habis maghrib kita langsung meluncur ke kontrakan temen pegawai. Di sana kita udah ditunggu. Meskipun kita cuma tiga bulan magang di cilegon dan dengan waktu singkat itu pula kita interaksi sama mereka, tapi mereka udah deket banget sama kita. Di sana udah berasa kayak rumah sendiri. Enak banget. Kalo mau makan tinggal aja masak mie instant sendiri, ya umum anak kost lah. Makan terjamin, minum oke, tidur sama mandi juga ngga keteter. Lengkap sudah. Trus ngga lama terjadi perubahan rencana, ternyata manajer perusahaan PLTGU cilegon, pak Djoko tidak di tempat buat hari seninnya. Jadi kita putuskan buat minta tandatangan hari selasa, trus langsung cabut pulang.
Malam berganti, esok pun tiba. Ibarat makan yang buat perut terasa kenyang, bakalan kembali lapar. Dan emang, ternyata udah siang, kita pada lupa belum sarapan. Beli sarapan dah kita, dan lagi ada para pegawai yang sudi banget kita repotin dan ngejamin hidup kita disana. Gue bakalan janji, suatu saat nanti kalo gue udah di tempat lain, dan ada sodara atau temen atau kerabat yang ikut nebeng kayak gitu nggak bakalan gue biarin dia ngga terjamin, gue kasih service semampu dan semaksimal yang gue bisa kasih.
Udah siangan dikit, ada kabar dari salah satu pegawai yang berangkat piket hari minggi itu. Katanya pak Djoko ada di site. Kebetulan banget, kalo hari ini udah bisa dapet tanda tangan beliau, bakalan menyingkat waktu kita di sana. Gue telepon aja langsung pak Djoko, dan beliau jawabnya oke - oke aja kalo mau ke site. Yaudah, dengan gegap gempita, cuci muka dikit, ganti baju, pake celana, gak lupa juga sepatu, kita langsung meluncur ke site, jam 2 siang waktu itu. Sampai sana, pak djoko masih di tempat. Langsung aja tuh kita masuk minta tandatangan beliau. Tanda tangan dapet plus sekalian sama cap alias stempel dari perusahaan sekalian. So, we'he done. Tujuan kita untuk pergi ke barat membawa kitab suci telah selesai. Tinggal merencanakan kepulangan kita dari cilegon untuk kembali ke timur.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images