Blogwalking dan Menulis

01:15

Sudah bulan ke sepuluh. Oktober merupakan bulan dimana hari kesaktian pancasila digembor - gemborkan di hari pertama. Oktober kali ini juga dilaksanakan idul qurban. Bulan kesepuluh ini juga merupakan kumpulan hari dalam minggu dimana seorang Ibu akan dieksploitasi segala bentuk pengorbanan dan kasih sayangnya. Bulan dimana Octa yang bermakna delapan, tapi adalah bulan kesepuluh dalam tahun Masehi.
Aku suka blogwalking dari daftar blog teman - teman atau pun juga blogger lain yang saya ikuti blognya. Dengan kegiatan melihat - lihat blog - blog dalam list maupun juga blog lain dari artikel yang dicari dapat memberikan sedikit pandangan dan evaluasi untuk blog milik ku sendiri. Blogwalking meliputi visualisasi terhadap tulisan yang dibaca, bagaimana tampilan blognya, template yang digunakan, features yang ada di blog maupun juga widgets yang digunakan. Berbagai macam bentuk tampilan blog dan juga gaya alur tulisan menjadi salah satu referensi pembelajaran tersendiri untuk perbaikan terhadap blog sendiri. Dengan berbagai jenis variasi blog yang ada dan karya tulisan yang dipostkan dalm blog - blog dapat dijadikan pembanding dengan blog sendiri dan meningkatkan kualitasnya.
Baru - baru saja berjalan-jalan di blog alias blogwalking. Ada teman yang mengisahkan perjalanan hidupnya, mengisahkan perjuangan orang tuanya hingga kini dia beranjak dewasa. Ada yang membahas kopi. Cita rasa kopi. Filosofi dibalik kecintaan terhadap kopi. Bagaimana pandangan sang pecinta kopi maupun juga yang hanya penikmat kopi. Mengisahkan perjalanan pencarian cinta dan kondisi yang serba sulit untuk menentukan dimana anak panah sang dewa asmara itu akan tertancapkan. Penantian menanti seseorang yang mungkin tidak akan datang kehadirannya.
Segala bentuk tulisan di blog yang aku baca memberikan kontribusi yang tersendiri. Kadang aku sampai ikut masuk dalam alur cerita si penulis blog. Karena memang tulisan yang Ia tulis memiliki alur yang menarik serta diksi - diksinya juga sangat berbobot. Menarik untuk dibaca hinnga akhir cerita. Seperti artikel dari blog list milikku, blog Laci Memori milik salah satu teman ku yang memiliki alur cerita yang menarik dan terasa menggantung ditengah sehingga mengharuskan untuk diselesaikan hingga akhir jika sudah membaca bagian awal tulisan tersebut.
Blogwalking merupakan suatu cara untuk menghargai penulis - penulis yang mulai merilis tulisan mereka ke dalam blog meski itu merupakan kali perdana maupun untuk mereka yang sudah sangat pro di bidang tersebut. Atensi dalam blog seseorang menjadi pembaca, meninggalkan komentar tanggapan mengenai tulisan, atau pun hanya sekedar berkunjung, itu cukup membantu. Membuat keberadaan si penulis memiliki arti. Meskipun tanpa adanya semua itu, dengan menulis itulah seseorang memberi arti kepada dirinya sendiri. Dan menulis adalah bagaimana cara seseorang meninggalkan jejak tentang kehidupannya. Tentang cara seseorang mengenali dirinya sendiri. Mencari jati diri, mengupas segala bentuk peristiwa kehidupan yang berusaha untuk selalu abadi saat kemampuan otak untuk mengingat telah menua, melalui sebuah tulisan.

Menulis adalah tentang bagaimana memberi arti pada diri sendiri. Meninggalkan jejak kehidupan kepada dunia yang masih fana. Mengenali diri. Merekam, mengupas setiap peristiwa yang bergulir untuk mencaari jati diri

Reading list di blog milik ku sendiri, yang lumayan banyak untuk menjadi bahan bacaan dan belajar blog.



You Might Also Like

2 comments

  1. mantap bang Ario. Saling sharing apa saja yang bisa membuat tulisan lebih menarik ya.
    Lanjutkan bang! hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggih kang Adam...
      ikut dalam forum ato grup maupun juga kumpulan para blogger maupun org yang hobi nulis juga bisa nambah referensi bacaaan dan memperkaya diksi bahasa tulis kang

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images