Pak Sueb Narik Angkot

07:27

Ada yang tahu tarif yang dipake taxi?
Dua minggu yang lalu aku dapat perintah untuk perjalanan dinas ke kantor induk di Jakarta. Acaranya Kamis. Biasanya aku bakalan berangkat sehari sebelum tanggal pelaksanaan. Karena memang jarak dari Kalimantan ke Jakarta cukup menguras waktu. Namun karena kabar pelaksanaannya yang mendadak, aku hanya bisa dapat tiket untuk kamis paginya. Kamis pagi berangkat, pesawat sudah oke lanjut nantinya sama taksi langsung ke kantor induk.
Pesawat take off pukul 6 pagi untuk wilayah Indonesia tengah. Dan bagusnya naik pesawat pagi itu jarang terjadi keterlambatan. Aku pun sampai di Jakarta, Bandara Soekarno-Hatta pukul 7 pagi untuk wilayah Indonesia barat. Aku berdua sama temen satu kantor jadi berani buat naik taksi langsung dari bandara ke kantor induk, di Ragunan. Ada temen berbagi kan, jadi bisa lebih murah. Aku pakai taksi bandara, Primajasa.
Supir taksi itu bernama pak Sueb. Sekalian tanya - tanya aja sama pak Sueb mumpung perjalanannya masih lama. Kata pak Sueb tarif taksi untuk tarif argo pas masuknya itu kisaran 5 hingga 10 ribu, itu untuk taksi yang normal pada umumnya. Kemudian untuk tarif perjalanan biasanya itu Rp 360 per 100 meter perjalanan. Dan tarif itu sama untuk semua jenis taksi, seharusnya. "Terus gimana itu kalo macet dijalan dan gak bisa gerak sama sekali pak Sueb?", aku tanya lagi. Kalo macet bakalan kena charge lagi, umumnya Rp 26.000 per jamnya. Kecuali kalo udah nego dari awal dan nggak pake argo ya.
Dan kan kita juga sering tuh lihat taksi yang warnanya beda. Jenis mobilnya juga beda, Silver bird kalo nggak yang tipe white house. Kata pak Sueb, untuk yang silver bird tarif kalian nempatin pantat kalian di dalam jok mobil itu udah 25 ribu, itu untuk yang taksinya mobil camry. Kemudian charge untuk perjalananya Rp 1200 per 100 meternya. Kalau taksi mobil dari fabrikan mercedes, pantat masuk mobil argo sudah nunjukin 30 ribu. Dan tarif untuk perjalanan per 100 meternya Rp 1500. Itu bedanya diharganya, kalau pelayanannya ya beda dikit paling lah. Kalau pakai taksi umum ada lubang jalan kerasa, kalo pakai yang silverbird gak kerasa, itu aja. Kalau jalannya macet, juga sama - sama bakalan kena macet.

Pak Sueb dari tahun 1968 udah merantau ke Jakarta. Dan dari tahun itu pula beliau udah narik angkot. Dari Jakarta yang masih ijo, masih banyak hutan kayak di kalimantan (dulu tapi ya). Tarif buat SIM yang harganya masih kisaran Rp 1500 sd Rp 2000. Nggak ngebayangin sekarang udah jadi kayak gini. Dulu, pas jaman gubernurnya pak Ali Sadikin, tiap kali narik  itu bisa bawa pulang uang buat beli 5-6 gram (aku kurang maksud disini, gram yang dimaksud kayaknya emas deh) perharinya. Dan sekarang bisa bawa pulang untuk beli 2 gram aja sudah untung banget. Dulu itu orang alias supir yang nyari mobil buat jadiin angkot. Lhah sekarang kebalik, udah kebanyakan mobil yang nyari - nyari supirnya. Sekarang jakarta terkenalnya kalo nggak banjir ya macet, kalo nggak macet, kebakaran.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images