Cerita Kami

21:53

Kembali dimulai petualangan ini, dan sekarang harus di daerah bagian ujung barat jawa, tepatnya di cilegon. Bukan pertama kali untuk melewati daerah barat pulau jawa ini. Dulu juga pernah sempat kesini, meskipun hanya lewat saja. Dan kali ini berbeda. Sekarang sudah memasuki minggu kedua untuk jangka waktu tiga bulan ke depan. Bukan untuk hal - hal yang tidak perlu atau sekedar main, pertualangan di sini untuk menimba ilmu secara langsung di sektor pembangkitan PLTGU cilegon, Banten, milik P.T. PLN.
Kami bertujuh. Dan persinggahan kami di cilegon bukanlah hal yang mudah diperjuangkan dan mudah diterima untuk kami bertujuh. Ini merupakan salah satu kewajiban kami sebagai mahasiswa kelas kerjasama antar instansi kampus dengan PT PLN. Magang di semester akhir untuk tiga tahun perkuliahan ini juga merupakan bahan kami untuk merampungkan Tugas Akhir sebagai syarat kelulusan untuk mendapatkan gelar diploma tiga (D3).
Sempat hidup satu minggu di rembang kami tiga minggu yang lalu. Bukan karena sudah memasuki liburan perkuliahan. kami sebelumnya mendapatkan pemberitahuan untuk di tempatkan magang di unit PLTU sluke, rembang. Sebelum akhirnya kami tahu ada penolakan dari pihak pengelola unit PLTU untuk menerima kami magang di sana. Tak berhenti di situ, kami dapat informasi lagi untuk dipindahkan di unit lain yang masih terbilang dekat dari rembang, di PLTU Tuban. Namun, PLTU tersebut masih dalam tahap proyek pembangunan yang sampai sekarang baru mencapai sekitar 60 - 70 %.
Sektor pembangkitan PLTGU Cilegon merupakan suatu unit pembangkitan listrik berbahan bakar gas dan memanfaatkan panas gas buang sisa pembakaran untuk kembali dimanfaatkan untuk memanasi air untuk memutar steam turbine. Dengan pemanfaatan kembali exhaust gas turbine menggunakan HRSG memungkinkan menambah efisiensi dari sistem pembangkitan. Pembangkitan listrik berbahan bakar gas dengan combine cycle ini juga merupakan salah satu pembangkit listrik dengan limbah yang jauh sangat sedikit dibandingkan dengan PLTU berbahan bakar batubara.
Tiga bulan waktu yang harus kami habiskan untuk berada di salah satu daerah yang penuh dengan industri di propinsi banten ini. Dengan waktu yang bisa dibilang lama untuk sekedar main, kami harus bisa pulang kembali ke kampus dengan bahan setengah matang untuk dimatangkan menjadi Tugas Akhir nanti. Dan itu sebuah keharusan. Kami harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin selama berada di cilegon ini, dan tentunya waktu main kami juga tidak boleh sampai keteteran.
Dan untuk kesekian kalinya kami berpetualang bersama selama kurang lebih tiga minggu ini, kami harus melewati tiga bulan ke depan bersama. Dan tentunya bakalan ada banyak cerita tentang kami. Dimana ada mata untuk menikmati indahnya segala aspek kehidupan, ada tangan yang selalu siap untuk menggenggam bulir - bulir cerita kehidupan, dan pemikiran kami yang selalu hidup untuk mewarnai setiap kekonyolan - kekonyolan hidup ini, akan masih banyak cerita yang harus tertuang.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images