Kabupaten Pemalang

18:37

Pemalang merupakan salah satu kabupaten di propinsi Jawa Tengah. Pemalang tidak memiliki kotamadya. Hanya berupa kabupaten dengan ibukotanya di Pemalang, Pemalang juga memiliki kecamatan Pemalang. Pemalang merupakan kabupaten yang memiliki luas wilayah yang cukup besar di wilayah Jawa Tengah, namun saja belum bisa membesarkan namanya untuk bersaing dengan kabupaten - kabupaten dengan nama besar yang lain.

Letak Geografis dan Astronomis
Secara geografis kabupaten Pemalang dibatasi oleh tiga kabupaten yang memiliki nama cukup besar di Jawa Tengah dan dibatasi oleh perairan laut. Terletak di sebelah utara kabupaten Purbalingga, sebelah selatan Laut Jawa, sebelah barat kabupaten Pekalongan, dan sebelah timur kabupaten Tegal.
Secara astronomis terletak antara 109°17'30" - 109°40'30" BT dan 6°52'30" - 7°20'11" LS.
Motto Kabupaten Pemalang
LKHLAS
IKHLAS merupakan moto kabupaten Pemalang sampai saat ini. IKHLAS merupakan suatu akronim yang memiliki arti yang menggambarkan Pemalang itu sendiri.
Indah, pemalang itu memiliki banyak keindahan, baik alamnya maupun aspek lain.
Komunikatif
Hijau, pemalang itu hijau, masih pegunungan yang dipenuhi oleh tumbuhan hijau.
Lancar
Aman
Sehat

Pemalang
Luas daerah kabupaten Pemalang 996,09 km persegi. Yang terdiri dari empat belas kecamatan dengan 222 kelurahan. Hari jadi kabupaten Pemalang pada 24 Januari. Tepatnya pada 24 Januari 1575 sebagaimana ditetapkan oleh diskusi para pakar yang dibentuk oleh Tim Kabupaten Pemalang bertepatan dengan Hari Kamis Kliwon tanggal 1 Syawal 1496 Je 982 Hijriah. Keputusan tersebut selanjutnya ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Dati II Kabupaten Pemalang Nomor 9 Tahun 1996 tentang Hari Jadi Kabupaten Pemalang.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images