Ujian, Ujian, Ujian, Sidang

20:06

Anak sekolahan. Kalau ngobrolin tentang anak sekolahan, pasti tidak bisa lepas dari yang namanya ujian. Tiap - tiap jenjang pendidikan yang anak sekolahan tempuh bakalan harus ikut yang namananya ujian. Entah bagaimanapun ujian itu dinamakan. Dan setiap ujian di tiap -tiap tingkat jenjang pendidikan selalu memberi kesan menegangkan buat anak sekolahan, siapa pun itu. Tidak bisa dipungkiri.
Kayak anak sekolahan yang masih sekolah di SD alias sekolah dasar. Mereka yang masih dini saja harus sudah menempuh yang namanya ujian. Ujian yang menentukan kelanjutan sekolahnya ke depan. Dalam usia yang masih sebegitu dini diharuskan memegang tanggung jawab atas kelanjutan didrinya sendiri. Mereka harus menempun ujian nasional yang menentukan kelulusan mereka dari sekolah dasar untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, SMP alias sekolah menengah pertama. Ujian yang juga menentukan kelanjutnya untuk menempuh pendidikan di sekolah menengah atas. Sekolah yang diidam - idamkan oleh anak sekolahan. Banyak orang yang bilang masa paling indah anak sekolahan itu pas jaman SMA. Dan anak sekolahan di sekolah menengah atas juga harus ikut ujian. Ujian selama tiga hari yang menegangkan dan menentukan, itu dulu pas jaman saya masih duduk di sekolah menengah atas. Namun sekarang harus dilaksanakan selama lima hari karena mata pelajaran yang harus di tempuh kini bertambah. Tentunya beban yang ditanggung oleh mereka anak sekolahan jugan semakin menumpuk.


Anak sekolahan sudah berlalu, kini si anak sekolahan sudah berubah menjadi siswa besar, mahasiswa. Sekolah tingkat dasar, menengah pertama, dan menengah atas sudah terlewati dengan ujiannya masing - masing. Kini sudah beralih di kampus. Menjadi mahasiswa dengan model pembelajaran yang berbeda meskipun intinya sama - sama menuntut ilmu. Seperti halnya anak sekolahan dengan segala ujian - ujian di akhir pendidikan untuk menentukan kelulusannya,  anak kuliahan alias mahasiswa juga harus mengikuti ujian untuk menentukan kelulusannya. Kayak mahasiswa untuk jenjang program D3 alias diploma tiga  juga harus mengikuti ujian di akhir untuk menentukan kelulusannya.
Dengan jenjang program D3 yang saya ambil, di semester enam ini saya sedang disibukan dengan pengerjaan tugas akhir. Tugas akhir yang akan dijadikan bahan ujian saya untuk mendapatkan gelar Amd sebagai lulusan program diploma tiga (D3). Ujian dalam sidang kelulusan dengan dosen pengujinya masing - masing. Dengan dilaksanakannya ujian sidang kelulusan itu ditentukan. Dan harapan besar saya pastinya dapat lulus, dengan baik.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images