Prestasi >>> Prestise

09:19

Bicara prestasi. Baru saja baca posting blog salah satu temen di bloglist yang aku ikutin. Artikel tentang bicara prestasi . Menarik kalau kita membicarakan masalah prestasi, sebagai mana yang telah di uraikan oleh teman saya dalam blog nya tersebut. Dimana prestasi selalu dicari, dituju, di perebutkan, dan dipertaruhkan. Untuk mencapai prestasi yang penuh nilai penghargaan, atau lebih menginginkan penghargaan dari prestasinya itu.
Prestasi mempunyai nilai. Seperti setiap ujian akan mendapat penilaian. Tiap nilai memiliki kategori untuk tiap - tiap tingkatannya. Seperti penilaian pada suatu bidang tertentu yang memiliki grade - grade tersendiri untuk setiap gradenya. Setiap kategori tersebut memiliki tingkatan prestise yang berbeda - beda. Begitu juga grade - grade yang ada memiliki mutu tertentu untuk tiap gradenya. Dan prestise adalah sebuah prestasi - begitu salah satu stigma pemikiran teman saya itu.
Prestasi memiliki nilai, dimana nilai memiliki kategori tertentu, dan tiap kategori memiliki tingkat prestis yang berbeda, dimana prestise itu sendiri merupakan hasil dari prestasi. Nilai merupakan harga yang menjadi acuan sesuatu pantas atau kurang pantas. Kategori merupakan kelompok. Dimana kelompok memiliki kualifikasi prestis sendiri - sendiri. Dan tiap prestise yang didapat dalam masing - masing kelompoknya adalah merupakan buah dari prestasi yang dicapainya.
Tiap individu memiliki kelompok dimana ia menempatkan nilai tingkatan prestasi mereka. Dan tiap kelompok tersebut memiliki standar sendiri - sendiri tentang nilai dari sebuah prestasi. Ada yang perlu penghargaan untuk standar dari suatu prestasi, dan tak sedikit yang memandang penghargaan bukanlah apa - apa untuk sebuah restasi yang telah mereka capai. Itu semua menurut takaran kepuasan setiap individu, kelompok. Kepuasan dimana suatu hal yang dilakukannya mencapai hasil akhir. Setiap usaha yang mereka lakukan bukanlah suatu hal yang tiada guna. Namun setiap hal yang mereka kerjakan membawa kepuasan tersendiri, kepuasan akan perannya, gunanya, ia diciptakan di dunia ini.
Silakan berprestasi sesuai kapasitas, sesuai peran kita sebagai salah satu komponen dari mesin raksasanya sang pencipta.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images