Mesin Flida - Turbin

20:40

Pada mata kuliah mesin fluida bakalan ngebahas tentang turbin, itu pasti. Turbin punya banyak jenis, dari turbin aksi trus reaksi pastinya. Sedikit belajar kembali ngulas tentang sistem turbin pada mata kuliah mesin fluida.

      Dari skema diatas, tejadi perpindahan energi dari energi tinggi, reservoir atas (1) ke energi rendah, reservoir bawah (2).
        Terdapat daya yang disediakan oleh air, disebut daya hidrolik, Ph.
        Ph = γ.Q.H
        Dimana : H adalah head sistem
Untuk kasus gb diatas, head sistemnya sebagai berikut:

                                       Dimana:  Z1 - Z2 = H
V1 dan V2 = nol (0)
P1 dan P2  = adalah sama2 tekanan atmosfer, jadi selisih keduanya adalah 0 (nol).
Sehingga, 
Dengan H adalah selisih tinggi reservoir atas dengan reservoir bawah.
Dengan nilai head sistem tersebut, maka :

Dimana:
Ph adalah daya hidrolis yang disediakan air.
 γ adalah berat jenis air, biasanya gunakan 9806
Q adalah debit atau laju aliran volume
H adalah head sistem, dimana untuk sistem tersebut head adalah selisih ketinggian reservoir atas dg reservoir bawah, setinggi H.
Dimana Ps adalah tekanan sebelum masuk turbin, Pd adalah tekanan saat keluar turbin dari aliran air dari sistem reservoir.
Ps nilainya diusahakan sangat besar dari sebuah reservoir dan pada saat keluar, Pd  sangat kecil, hal ini dikarenakan energi seebelum masuk turbin dimana terwakili oleh energi tekanan pada Ps telah dipindahkan ke sudu – sudu turbin. Sehingga kemampuan turbin bisa diamati dari daya turbin tersebut, dimana:
Dengan H adalah head sistem pada sistem turbin tersebut.
Sistem terdiri dari 3 jenis daya:


1.Daya hidrolik, Ph
2.Daya sudu, Psudu
3.Daya turbin, PT
Dimana:




             Daya hidrolik, daya terbesar yang disediakan oleh air sebagai sumber daya akan berkurang setelah melewati sudu - sudu turbin. Daya pada sudu tersebut mengakibatkan timbul adanya energi mekanik pada turbin, daya tersebut akan kembali berkurang menjadi daya turbin yang akan dikonversi menjadi energi listrik sebagai keluarannya. Jadi sebisa mungkin meminimalisir terjadinya kerugian - kerugian daya pada tiap - tiap konversi energi yang berlangsung, sehingga efisiensinya pun akan besar.


You Might Also Like

2 comments

  1. bang kasih ulasan yang lain lagi tentang mesin fluida, sebentar lagi kami mau program mata kuliah ini, blokx bagus n mendidik

    ReplyDelete
  2. insyaallah bang, ditunggu aja
    tks masukannya

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images