Indonesia Genggam Internet - Sehari Tanpa Internet

21:48


Internet, internet, internet.............

Jaman semakin berkembang. Globalisasi sekarang ini sudah meraba seluruh lapisan tatanan masyarakat diberbagai penjuru dunia. Seclumit informasi di ujung pelosok dunia akan dengan mudah menjadi sorotan dunia. Hubungan antar kelompok atau pun perkumpulan beberapa orang dari seluruh perwakilan negara di dunia dengan kegemaran yang sama dapat saling berkomunikasi dalam satu wadah. Setiap individu pun sekarang ini dapat menjalin silaturahmi secara global. Saling mengenal satu sama lain dengan setiap orang, setiap suku, apapun budayanya, apapun warna kulitnya dengan tanpa batas yang membatasi atas dasar diskriminasi. Itu sedikit impact dengan ada dan berkembangnya internet di seluruh negeri di dunia ini.
Jika flash back itu dimungkinkan, apa yang akan terjadi jika tidak ada internet hingga saat ini? Sehari saja, atau satu jam saja atau bahkan satu menit saja.?

Dengan suatu pertanyaan seperti itu akan memunculkan berbagai jawaban. Jawaban yang sesuai dengan bidang kebutuhan mereka akan keberadaan internet disehari – hari mereka. Akan ada klaim yang berbeda untuk suatu individu dengan individu lain dan juga antar individu dengan instansi. Meskipun banyak juga kesamaannya.

Orang dengan tipe – tipe ansos alias anak socialita yang selalu update  dengan perkembangan media social di dunia akan kehilangan separuh jiwanya dengan tanpanya internet. Dimana setiap waktu dan dimanapun berada akan diketahui oleh dunia, kini hanya dirinya dan Tuhan saja yang tahu. Dengan ada internet setiap tempat yang dikunjunginya, keluarga akan tahu. Setiap peristiwa yang dilakukannya, temannya akan tahu. Setiap makanan yang akan masuk ke dalam perutnya, negaranya akan tahu. Hingga saat sebelum ia akan mengeluarkan kembali makanannya itu, dunia tahu. Tanpa internet hanya dia yang tahu bahwa dunia tak lagi tahu tentang dirinya, kecuali Tuhan Yang Maha Tahu.

Hal itu akan berbeda untuk orang elit alias mereka kalangan ekonomi sulit yang hanya akan mengakses internet di tempat – tempat tertentu dan waktu yang terbatas. Tempat umum dengan fasilitas jaringan wifi gratis, sekolah atau kampus tempatnya mengembangkan pola pikir dan tentunya nebeng hotspot gratis dan juga jaringan internet kabel suatu perusahaan tempat mencari sesuap nasi. Dengan tanpa internet tidak membuat kalangan ini shock dan hendak bunuh diri karenannya. Hari – harinya hampir sudah terbiasa tanpa internet dan dengan internet, dunia dapat memberi warna ditiap harinya. Namun, tanpa adanya internet akan membuat hidupnya kembali ke hitam-putih yang akan semakin hampa. Dan kembali, dunia akan menambah kehampaannya yang hanya dirinya dan Tuhan saja yang tahu.

Kebutuhan suatu instansi atau perusahaan akan internet berbeda dengan kepentingan indivudu akan internet. Dengan internet baik itu jaringan internet kabel atau apapun dapat memberikan record seluruh parameter yang ada dalam system pada sebuah perusahaan pembangkit tenaga lisrtik. Dimana record yang tercatat setiap menitnya, tiap 30 detiknya atau bahkan tiap detiknya akan berguna untuk mengindentifikasi kinerja maupun gangguan yang terjadi pada suatu perusahaan pembangkitan tenaga listrik tersebut. Dan, jika tanpa internet, kinerja perusahaan hanya akan diidentifikasi dengan pencatatan yang dilakukan oleh sumber daya manusia perusahaan tersebut secara manual dengan ketelitian sebatas ketelitian manusia. Dan saat adanya gangguan, yang dapat menjadi dasar identifikasi hanyalah manusia terakhir yang berhubungan dengan gangguan yang ada dan record manualnya. Dengan tanpa internet dunia tidak akan tahu eksistansinya sebagai perusahaan besar, hanya Tuhan saja yang tahu.

Dengan tanpa internet kejahatan yang berbau maya juga tidak akan terjadi. Penyebaran informasi yang salah dan berbau fitnah juga tidak akan meluas.

Keberadaan internet sangat memiliki dampak yang beragam. Baik itu hal yang positif maupun negatif. Dimana dampak tersebut tergantung pada individu – individu yang menggunakan dan memanfaatkan internet. Internet akan semakin menggenggam dunia. Marilah mejadi generasi yang tahu internet dan berbagi internet. Menggunakan dan memanfaatkan internet sebaik mungkin tanpa mengganggu keberlangsungan hidup orang lain. Eksploitasi internet untuk kemajuan pribadi untuk membangun negeri dan bersaing pada tingkat dunia. Mari genggam internet, maka dunia ada dalam genggaman kita.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images