Dewasa bukan Tua

22:43

Bertambah tua tidak selalu bertambah dewasa, begitu mayoritas orang bilang. Tapi yang pasti jatah hidup kita di dunia ini semakin tua bakalan semakin berkurang. Tua bagi yang merasa tua, yang merasa berumur, dan dituakan dalam kelompok lingkungannya. Semakin tua, semakin kita berumur diharapkan pelajaran - pelajaran baik dan buruk yang kita dapat juga bakalan semakin bertambah.  Layaknya padi yang semakin tua masa penanamannya, akan semakin menunduk di masa panennya. Dan dengan semakin menunduk, berat si gabah semakin bertambah dan tentunya nilai jual dan manfaat dari padi tersebut akan bertambah. Sebagai mana padi, semakin kita berumur diharapkan semakin bertambah ilmu kita, sehingga kita bisa menjadi manfaat bagi lingkungan sekitar dimana kita hidup.
Namun, berbicara dengan padi kita juga pasti diharuskan membahas apa saja jenis hama - hama pengganggu yang kerap mengganggu tumbuh optimalnya padi, bagaimana lingkungan padi itu seharusnya, bagaimana asupan buat padi itu seharusnya, dan bagaimana harus mencegah pengganggu - pengganggu tersebut muncul. Begitu juga menungso, membicarakan kualitas manusia bagi lingkungannya, berbicara tingkat kedewasaan tiap - tiap manusia kita diharuskan memperhatikan semua hal yang dapat menyimpangkan kita dari jalan lurus itu seharusnya. Bagaimana pengaruh lingkungan, bagaimana pengaruh keluarga, teman, gaya hidup, dan juga kemauan kita untuk semakin dewasa dan bisa optimal menjadi manfaat bagi lingkungan kita.
Semakin tua seseorang, lingkungan mereka akan semakin kompleks permasalahannya, dan tidak keseluruhannya individu mendapatkan kedewasaannya pada lingkungannya. Semakin tua, perilaku orang tua, keluarga juga bakalan berbeda, dan bisakah itu mendewasakan kita seharusnya, atau malah kita lebih suka dan nyaman terjebak dalm kemanjaan yang aman. semakin tua, teman - teman kita juga semakin berumur, semakin banyak ilmu hitam dan putih yang mereka sebarkan, dan itu membuat ilmu kita semakin dewasa atau tidak. Gaya hidup lingkungan kita dengan semakin bertambahnya umur juga akan sepenuhnya sangat berbeda dan diharapkan dapat mendewasakan kita seharusnya. Dan dengan semakin kita berumur yang diharapkan semakin dewasa kemauan kita untuk berfikir dan berkelakuan visioner itu lebih nyata realisasinya. Dan realisasi pemanfaatan kinerja kita sebagai manusia dengan anugerah yang tak terbatas ini dapat secara optimal termanfaatkan begi lingkungan kita, untuk pribadi kita sendiri minimalnya.
Aku berharap dapat semakin dewasa, semakin berfikir, semakin visioner, dan semakin bermanfaat bagi lingkungan. Amin

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images